Skip to main content

Tips Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa Saat Ini


Mengatur uang dengan bijak jadi salah satunya langkah yang bisa kamu lakukan untuk hari esok yang lebih baik.
Walau kelihatan remeh beberapa orang masih belum dapat mengelola keuangan secara baik hingga berbuntut pada tumpukan utang yang membuat hidupnya sulit berkelanjutan.

Salah satunya aspek terpentingnya ialah pola hidup yang dengan tidak sadar membuat kantong bobol. Serta tidak sedikit orang yang rela utang sana-sini cuma untuk penuhi keperluan pola hidup mereka sehari-hari.

Walau menyenangkan jika dipikirkan hal tersebut cuma kesenangan sesaat yang berbuntut pada kesengsaraan.

Karenanya sebelum terjun lebih jauh kembali yang dapat membuat hari esok suram kamu dianjurkan untuk mulai mengelola keuangan sejak dini.

Tidak heran jika semenjak kecil orang tua telah memperkenalkan kamu dengan celengan. Tidak hanya untuk menabung kamu di ajarkan bisa mengendalikan uang jajan supaya bisa disisihkan di celengan.

“Mulailah menabung serta investasi sedini mungkin. Jangan sampai menundanya,” demikian yang seperti diutarakan miliarder Tony Robbins.

Oleh karena itu saya akan memberi langkah pintar mengatur uang yang pas untuk kamu anak kuliahan. Walau belum mempunyai pendapatan sendiri serta cuma memercayakan uang saku dari orang-tua bukan berarti kamu tidak dapat menabung serta berinvestasi ya!

Lalu, bagaimana triknya? Yuk, langsung baca paparannya di sini:

1. Kelola Anggaran Atau Budget Dengan Baik

Mengatur uang buat mahasiswa dengan mengendalikan pos-pos budget (Unsplash) langkah pertama yang perlu kamu kerjakan ialah lakukan membagi budget setelah memperoleh uang saku diawal bulan.

Sebab masih kuliah untuk kepentingan bulanan seperti sabun, shampo serta kepentingan make-up umumnya masih dijamin sama orang-tua. Nah, kamu dapat membagi-bagi uang sakunya untuk biaya, makan, foto copy serta kepentingan yang lain.

Bagaimana jika uang jajannya diberi tiap hari bukan bulanan atau mingguan? Tenang, bisa kok!

Kamu harus tetap membaginya untuk biaya serta makan juga. Sisanya, dapat kamu masukan celengan. Ya, kembali pada saat-saat kecil .

2. Menghemat Biaya Untuk Makan Sehari-hari

Mengatur uang dengan irit biaya serta makan seadanya supaya punya uang lebih kamu harus dapat mengirit sendiri untuk biaya makan. Bagaimana jalan keluarnya?

Jika sampai kini kamu keluarkan uang Rp 25 ribu tiap hari buat biaya naik ojek online serta Rp 25 ribu untuk makan serta jajan supaya uangmu bisa sisa adalah dengan salah satunya adalah kurangi pengeluaran untuk dua hal diatas.

Kamu dapat memakai angkutan umum tidak masalah dikit jalan kaki keluar komplek rumah. Ya, itung-itung olahraga.

Yang biasanya keluar uang Rp 25 ribu untuk biaya saat ini dapat lebih irit jadi Rp 10 ribu cukup kan ada sisanya Rp 15 ribu.
Begitupun untuk makan kamu dapat makan di warung tegal alias warteg dengan mengeluarkan hanya Rp 15 ribu. Maka kamu mendapatkan sisa uang Rp 10 ribu.

Dengan melakukan penghematan itu, kamu bisa mendapatkan uang sebesar Rp 25 ribu tiap hari.

Jika dimasukkan ke celengan dalam satu bulan kamu dapat memperoleh uang seputar Rp 25 ribu x 22 hari yakni Rp 550 ribu. Cukup sekali nih buat di tabung serta investasi.

3. Hindari Membeli Sesuatu Yang Tidak Terlalu Dibutuhkan

Langkah mengatur uang buat mahasiswa dengan menghindarkan beli suatu hal yang tidak terlalu dibutuhkan, seperti jajan, nongkrong, ke mall, dan lainnya.

Sebetulnya sih tidak ada kelirunya bila tidak terlalu sering. Jika dalam satu minggu tiga sampai 4x nongkrong di mal atau beli jajanan di kantin universitas tiap hari yang ada uang sakumu akan habis, serta ujung-ujungnya meminta sama orang-tua.

Semestinya kurangi kegiatan yang tidak bermanfaat semacam itu. Tidak masalah meredam diri tidak ikut-ikutan rekan untuk hari esok yang lebih baik.

4. Pakai Siasat Dalam Membeli Buku

Langkah mengatur uang buat mahasiswa dengan akali buku kuliah diawal semester kamu umumnya akan keluarkan uang lumayan besar untuk beli buku. Nah, kamu dapat kamu mengakalinya dengan pinjam buku rekan lalu di foto copy atau kamu dapat juga beli buku sisa.

Dengan demikian yakin atau tidak kamu dapat mengirit budget beberapa puluh ribu rupiah untuk satu buku.
Yang penting kan isi dari buku itu. Sepakat?

5. Gunakan Kartu Tanda Mahasiswa

Manfaatkan kartu mahasiswa ialah trik paling akhir . Di sejumlah restoran atau tempat berbelanja sering memberi penawaran potongan harga untuk mahasiswa. Karena itu tidak perlu sungkan manfaatkan kartu mahasiswa milikmu. Lumayan kan jika dapat potongan 10 sampai 15 %.

Itu dia lima langkah pintar mengatur uang yang dapat dikerjakan mahasiswa supaya bisa menyisihkan uang jajannya untuk ditabung serta investasi. Yuk, aplikasikan dari saat ini agar di waktu tua kelak bisa hidup nyaman serta freedom money!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar