Skip to main content

5 Panduan Untuk Mencegah Panas Berlebihan Pada Komputer


Saat kita mendesain/membuat satu komputer, umumnya udara panas yang dihasilkan oleh PC dikeluarkan dari casing komputer memakai kipas komputer. Bila kipas anda tidak hilangkan udara panas secara cepat, temperatur yang ada di PC akan naik dengan cepat juga. Hal itu berefek jelek pada elemen PC, sebab panas terlalu berlebih bisa mengakibatkan kerusakan elemen PC. Jaga komputer PC anda masih dingin, adalah target utama.

Berikut ini kami akan memberi 5 panduan menghindari PC dari panas berlebihan yang mungkin anda kerjakan. Cara-cara berikut ini kemungkinan meningkatkan ongkos anda, tetapi butuh anda pikirkan untuk beli beberapa part penambahan, sebab ongkos yang anda mengeluarkan semakin lebih banyak bila elemen penting pada PC alami kehancuran.

1. Bersihkan Tempat Perputaran Kipas

Hal yang paling murah, gampang serta penting dalam jaga komputer masih dingin ialah bersihkan tempat perputaran udara dari gangguan-gangguan kecil seperti debu atau kabel yang menutupinya. Yakinkan bila tempat perputaran udara itu tidak terhambat apa pun khususnya tempat kipas udara di bagian belakang. Tidak hanya di bagian belakang, anda semestinya memperhitungkan untuk memberi tempat kipas udara di bagian samping sebesar 2 sampai 3 inci. Dengan demikian perputaran udara pada komputer tidak terpusat di bagian belakang saja dan membantu percepat perubahan udara panas yang ada di PC.

2. Biarkan Casing PC Anda Tetap Tertutup

Salah satunya panduan menghindari PC dari panas yang cukup gampang dengan biarkan casing PC anda masih tertutup. Beberapa pemakai komputer biarkan PC punya mereka berjalan dengan casing terbuka. Beberapa pengguna membuka casing PC nya dengan berharap supaya PC nya tidak cepat panas. Hal itu nampaknya cukup logis, karena siklus udara cukup cepat dalam kondisi semacam ini.

Tetapi bila kita pelajari kembali saat kita biarkan casing PC terbuka maka otomatis banyak kotoran masuk ke komputer PC. Karena kipas pada PC otomatis menarik semua udara yang ada beserta debu dan  kotoran, hingga seringkali kita temukan kipas yang lebih kotor saat kita buka casing PC. Makin banyak kotoran pada kipas PC maka semakin menurunkan kecepatan kipas serta membuat kipas bertambah cepat rusak. Dengan kipas yang rusak akan makin jadi memperburuk keadaan di PC anda.

Dengan membiarkan komputer anda dengan casing tertutup akan memberikan keuntungan yang cukup punya pengaruh pada PC anda. Tetapi saat anda biarkan casing tertutup, anda pun butuh memperhatikan kipas udara dari PC anda.

3. Bersihkan Komputer Anda

Salah satunya jalan keluar untuk dapat menghindarkan PC dari panas yang mengakibatkan kerusakan dengan bersihkan komputer anda. Kipas yang ada di bagian dalam komputer adalah salah satunya elemen yang dapat jaga komputer supaya tetap dingin. Serta apa anda tahu apa yang membuat kapasitas kipas komputer jadi turun serta dapat berhenti? Yap, kotoran seperti debu, bulu hewan peliharaan anda serta beberapa kotoran tidak kasat mata yang lain bisa saja menghalangi kapasitas kipas itu.

Maka, salah satunya hal yang paling efisien supaya komputer anda tetap dingin ialah cukup bersihkan sisi dalam dari komputer serta tentunya kipas komputer. Janganlah lupa, jika ada satu kipas yang berada di power suplay.

Bagaimanakah cara mengerjakannya? Anda cukup mematikan komputer anda, membuka casing PC serta pakai mesin penghisap debu untuk hilangkan kotoran pada kipas. Bila komputer anda benar-benar kotor anda dapat bawa komputer anda keluar ruang serta membersihkan dengan memakai kuas atau piranti pembersih yang lain.

4. Pindahkan Lokasi PC Anda

Lihat tempat anda meletakan PC, apa tempat itu begitu panas atau begitu dingin? Kadang, memindahkan letak tempat PC anda bisa saja salah satunya pilihan yang lumayan baik. Bisa juga kondisi ruang yang telalu kecil tanpa dilelengkapi ventilasi yang baik sehingga cuma membuat udara dari sana berasa panas serta dapat menyebabkan jelek pada elemen PC.

5. Ganti Kipas Pada CPU

CPU sesuatu piranti yang terbagi dalam processor serta chipset-nya. Di atas CPU umumnya ada satu kipas yang dipakai untuk mendinginkan processor. Processor sesuatu elemen komputer yang paling peka serta tentu saja paling mahal. Sayangnya, elemen yang paling mahal serta peka ini adalah elemen yang termudah panas.

Salah satunya hal yang dapat dilakukan untuk menghindari PC dari panas dengan ganti kipas dari CPU. Tentunya anda harus ganti dengan kipas yang mempunyai potensi putaran lebih baik atau paling tidak sama. Dengan kipas yang mempunyai putaran yang bertambah cepat akan makin memudahkan saluran perputaran udara.

Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan dan semoga bermanfaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar